Rabu, 22 Desember 2010

APA ITU I/O DEVICHE ??

Salam sejahtera para blogerman !! Kali ini saya bahas mengenai I/O Deviche. Bagi yang belum tau apa itu I/O Deviche! Langsung aja baca di sini ni!! Semoga Bermanfaat Info nya HAHAHAA THANKS


Yang pertama kita bahas Input Deviche dulu,





Input device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk memasukkan data ke-dalam komputer. Data yang di masukan bisa berupa Program atau Aplikasi.
Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. 
Berikut contoh-contoh Input Deviche ;

KEYBOARD
Beberapa alat input yang menggunakan keyboard untuk memasukkan input adalah :
1.       visual display terminal,unit terdiri dari :
  • Keyboard
  • Visual Display

2.        financial transaction terminal digunakan untuk transaksi yang berhubungan dengan keuangan. Salah satu aplikasinya : untuk Electronic Fund Transfer (EFT) dengan menggunakan ATM
3.       point of sale terminal biasanya digunakan di swalayan. POS terminal merupakan perkembangan dari cash register yang dapat dihubungkan dengan computer untuk tujuan pengendalian persediaan (inventory control) dan penjadwalan pemesanan kembali barang yang akan dipesan.

TOUCH SCREEN

layar monitor yang akan mengaktifkan program bila layarnya disentuh dengan tangan
  1.    Light Pen, menyentuh layar monitor dengan pena. Posisi sentuhan di layar akan lebih tepat dan teliti.
  2.  Digitizer Graphic Tablet digunakan untuk membuat grafik atau gambar dengan cara menghubungkan dua buah titik di graphic tablet dengan alat yg menyerupai pen

SCANNER
Alat masukan scanner dapat berupa 
  1. Magnetic Ink Character Recognition (MICR) Reader, Alat pembaca pengenal karakter tinta magnetik, banyak digunakan di bank2 amerika untuk transaks icek. Dibutuhkan tinta magnetik yg khusus supaya bisa dibaca oleh alatnya.
  2. Optical Data reader, dapat membaca tulisan tangan dan meraba masin-masing karakter yang di simpan di memori OCR
  3. Optical Mark Recognizion (OMR), biasa nya untuk penilaian test scoring,yang membaca kertas yang telah diisi oleh pensil 2B.
SENSOR

Merupakan alat yang mampu secara langsung menangkap data kejadian fisik. Data analog dikumpulkan oleh alat sensor dan dimasukan ke pengubah AD/C yang selanjutnya diproses oleh komputer.

MOUSE

Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.Sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless

Nah baru yang kedua kita bahas Output Deviche





Output Deviche, peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses.
Ouput yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam 3 bentuk yakni;  tulisan (huruf, kata, angka, karakter dan simbol2 khusus), image (grafik atau gambar), suara (musik atau omongan)
 
Sedangkan peralatan output dapat berupa ;
  1. Hard-copy device, yaitu alat yang di gunakan untuk mencetak tulisan dan Image pada media  keras seperti kertas atau film
  2. Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan lisan dan Image pada media  lunak yang berupa sinyal elektronik
  3. Drive device, yaitu alat untuk merekam  simbol dalam bentuk yang hanya dapat di baca oleh mesin pada media.
Berikut contoh-contoh Output Deviche ;

Plotter

Plotter secara prinsip memiliki fungsi yang sama dengan printer. Yang membedakan secara umum adalah ukuran dan peruntukan dari plotter tersebut. Plotter mampu mencetak pada kertas dengan ukuran A0, dan biasanya digunakan untuk mencetak peta dan gambar ukuran besar lainnya. Plotter juga mengalami perkembangan yang cukup pesat, yang dimulai hanya dengan menggunakan pena sebagai alat cetak, hingga saat ini telah menggunakan inkjet dan bubuk tinta (Laserjet) 

Printer

Printer berfungsi untuk mencetak output yang dikeluarkan oleh Process Device. Secara garis besar, printer terbagi atas 3 bagian, yaitu :
- Printer Dot Matrix
- Printer Inkjet
- Printer Laser Jet 

Monitor

Monitor merupakan alat output yang paling umum dan berfungsi untuk melihat hasil pengolahan data pada layar, baik berupa karakter, gambar maupun warna.

Secara umum, monitor terbagi atas :
- CRT (Cathode Rays Tube)
- LCD (Liquid Crystal Display)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar